Workshop dan Pameran Ekonomi Kreatif Pariwisata (Wekraft) 2023

Pemerintah402 Dilihat
Spread the love

SOPPENG, ONLINEKASUS.COM – Hari ini, pada tanggal 14 Juni 2023, di Ruang Rapat Kantor Gabungan Dinas Jalan Salotungo Watansoppeng, Kabupaten Soppeng, digelar acara Workshop dan Pameran Ekonomi Kreatif Pariwisata (Wekraft) yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas dan kompetensi pelaku ekonomi kreatif dalam memajukan perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Soppeng, Dra. Suriasni, M.Pd., kegiatan Wekraft ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan peran serta masyarakat, baik di desa maupun kelurahan, dalam mendukung dan menciptakan iklim yang kondusif bagi perkembangan pariwisata daerah serta memberikan manfaat bagi kesejahteraan umat. Melalui kelompok sadar wisata, masyarakat di Soppeng didorong untuk berperan aktif dalam mengembangkan pariwisata dan produk kreatif daerah, yang juga mengembangkan melalui situs web dan merek pariwisata berupa logo dan slogan pariwisata.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Soppeng mengungkapkan harapannya agar terdapat komoditi-komoditi unggulan seperti kopi Mattabulu yang terkenal di Nusantara. Selain itu, ia mendorong setiap desa dan kelurahan di Soppeng untuk memiliki inovasi pariwisata yang unggul. Lejja, yang merupakan sumber mata air terbaik di dunia, juga menjadi potensi yang perlu dikembangkan. Kegiatan Wekraft diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta untuk memperluas kesempatan berusaha dan memberdayakan SDM dengan potensi yang dimiliki.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si., memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kabupaten Soppeng dalam menyelenggarakan Wekraft. Selamat juga kepada Kabupaten Soppeng yang telah masuk dalam kategori 300 desa wisata unggulan. Diharapkan pariwisata di Soppeng dapat terus berkembang menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Selain itu, pada acara ini juga dilakukan pengukuhan Asosiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) masa bakti 2023 hingga 2025 oleh Wakil Bupati Soppeng. Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah, para asisten dan staf ahli, para kepala SKPD, para Kabag Setda, para camat, para kepala desa, kelompok sadar wisata, dan pelaku ekonomi kreatif unggulan Soppeng.

Dengan adanya Workshop dan Pameran Ekonomi Kreatif Pariwisata (Wekraft) ini diharapkan industri pariwisata di Kabupaten Soppeng semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Melalui peningkatan kompetensi pelaku ekonomi kreatif, diharapkan mereka dapat menciptakan produk dan layanan pariwisata yang inovatif dan menarik minat wisatawan.

Workshop ini juga menjadi platform bagi masyarakat desa dan kelurahan di Soppeng untuk berperan aktif dalam pengembangan pariwisata. Dengan adanya kelompok sadar wisata, mereka dapat berkontribusi dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan pariwisata di daerah tersebut. Selain itu, promosi pariwisata melalui website dan branding pariwisata juga diharapkan dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Kabupaten Soppeng.

Pengukuhan Asosiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) masa bakti 2023 hingga 2025 merupakan langkah penting dalam mengorganisir dan memperkuat peran kelompok-kelompok tersebut dalam pengembangan pariwisata. Diharapkan Pokdarwis dapat bekerja sama dengan pemerintah dan pelaku pariwisata lainnya untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik destinasi wisata di Kabupaten Soppeng.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekretaris Daerah, para asisten dan staf ahli, kepala SKPD, Kabag Setda, camat, kepala desa, kelompok sadar wisata, dan pelaku ekonomi kreatif unggulan Soppeng. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan dan komitmen dalam mengembangkan pariwisata sebagai salah satu sektor ekonomi yang potensial di Kabupaten Soppeng.

Dengan adanya Workshop dan Pameran Ekonomi Kreatif Pariwisata (Wekraft) ini, Kabupaten Soppeng menunjukkan tekadnya untuk terus meningkatkan pariwisata dan memanfaatkan potensi yang dimiliki. Diharapkan, melalui kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku pariwisata, Soppeng akan menjadi negara pariwisata yang semakin menarik dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi daerah.