Wakapolres Takalar Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Uncategorized152 Dilihat
Spread the love

Takalar, onlinekasus.com-
Kepolisian Resor Takalar melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Takalar pada Kamis (1/6/2023).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolres Takalar Kompol H. Mustakim, S.Sos., M.Ap sebagai Inspektur Upacara yang diikuti oleh Pejabat Utama Polres Takalar, Para Kapolsek dan seluruh Anggota Polres Takalar dan Polsek jajaran.

Dalam amanatnya, Wakapolres membacakan amanat Presiden Republik Indonesia yang antara lain berisikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum Negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideolagi Negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “Bintang Penuntun” (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian Negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur”, Ujar Wakapolres.

Kompol H. Mustakim, S.Sos., M.Ap juga mengajak untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan Global, Mari berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, Menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, Mari berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karekter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Marauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote, Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradban ke depan, Semoga Indonesia menjadi bangsa yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya Pancasila.

Usai pelaksanaan Upacara di lapangan apel Polres Takalar, Wakapolres beserta Pejabat Utama dan Kapolsek mengikuti Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo secara Virtual bertempat di ruang Aula 99 Polres Takalar(Arif Unjung)