Tahun ini Pemkot Tarakan Akan Pasang Kamerah Yang Mengarah Kelaut

Berita, Peristiwa201 Dilihat
Spread the love

TARAKAN.ONLINE.KASUS.COM –
Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan akan memasang kamera pengintai (CCTV) yang dapat memantau objek hingga jarak jauh. Itu telah masuk rencana tahun ini yang akan direalisasikan.

Kamera itu nantinya digunakan untuk memantau aktivitas di laut, sebagai upaya dari Pemkot Tarakan dalam mitigasi bencana, termasuk membantu aparat keamanan dalam menindak aksi perampokan tambak maupun nelayan.

“Tahun ini kita pasang CCTV yang mengarah ke laut, jangkauannya cukup jauh,” ujar Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul M.Kes.

“Salah satu kecelakaan laut, keluhan selama ini rampok dan sebagainya, kejahatan di laut, kita coba bantu,” lanjutnya kepada jendelakaltara.co, beberapa hari lalu.

Kamera tersebut akan dipasang pada lokasi yang bisa menjangkau aktivitas di laut dan terkoneksi dengan Tarakan Command Center. Sehingga petugas dapat memantau pergerakan di perairan Tarakan dan sekitarnya.

“Itu bisa memantau semua pergerakan, terutama yang paling rawan. Kalau nembak sampai pulau Kalimantan besar, bisa,” jelas Wali Kota.

Sebelumnya, Pemkot Tarakan telah memasang belasan kamera pengintai di seputaran kota untuk memantau aktivitas masyarakat, baik arus lalu lintas maupun aktivitas lainnya. Ini merupakan wujud dari visi Pemkot Tarakan yakni menjadikan Tarakan sebagai Kota Maju dan Sejahtera melalui Smart City( Jalil ).