Sigap, Polres Takalar Berhasil Gagalkan Aksi Pencurian Ternak Warga Mannongkoki

Uncategorized406 Dilihat
Spread the love

Takalar, Onlinekasus.com-Anggota Kepolisian Polres Takalar bersama warga berhasil menggagalkan aksi pencurian 4 (empat) ekor sapi.

Peristiwa tersebut terjadi di Lingkungan Pa’bentengang, Kelurahan Mannongkoki, Kecamatan Polut, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Kamis dini hari (18/5/2023) malam pukul 01.30 Wita.

Kejadian tersebut bermula saat dua orang warga Pa’bentengang melapor ke Bhabinkamtibmas Bripka Kahar dan ke tetangga mereka AKP Supriadi yang adalah Kasat Binmas Polres Takalar, bahwa mereka masing-masing telah kecurian mamalia peliharaannya.

Kedua warga tersebut adalah Saparuddin Dg. Nya’la (51) melaporkan kecurian 3 (tiga) ekor sapi, dan Muh. Arif Dg. Nambung (60) kecurian 1 (satu) ekor sapi.

“Betul ada kejadian pencurian yang berhasil digagalkan polisi dibantu warga subuh tadi,” ujar Kasat Binmas, AKP Supriadi saat dikonfirmasi.

Ia menuturkan, pihaknya kemudian ke lokasi kejadian untuk segera melakukan penyisiran.

Kasat Samapta AKP H. Basri bersama anggota Patmor dan Samapta Polsek Polut menjadi bagian aksi pengejaran tersebut.

Mereka bersinergi bersama warga kemudian melakukan penyisiran dengan melakukan patroli dijalur jalan yang biasa digunakan pelaku pencurian untuk membawa hasil curiannya.

Alhasil, keempat ekor sapi yang disatroni maling tersebut berhasil ditemukan di kawasan ladang jagung Bontorita, Kelurahan Mannongkoki sekitar pukul 05.30 pagi dalam keadaan hidup, dan kemudian dikembalikan kepada pemiliknya.

“Alhamdulillah, kami bersama warga berhasil menemukan tiga ekor sapi yang dicuri diladang jagung milik warga, dan satu ekor lagi kembali dengan sendirinya terlihat keluar dari hutan bambu disekitar lokasi temuan”, jelas AKP Supriadi.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara Pihak Kepolisan bersama masyarakat, kami ucapkan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak termasuk warga yang turut serta membantu mengungkap kasus pencurian hewan di wilayah hukum Polres Takalar”, Pungkas Kasat Binmas AKP Supriadi.

Sementara itu, Kepala Lingkungan Pa’bentengang Abd. Karim Dg. Bundu yang waktu itu ikut terlibat dalam proses pencarian sapi yang dicuri memberikan apresiasi terhadap kesigapan dan respon cepat Kepolisian Resor Takalar dalam menangani laporan warga.

” Terima kasih kepada Bapak Polisi Polres Takalar atas respon cepatnya menangani laporan dan mengambil tindakan, sehingga hewan ternak milik warga kami dapat ditemukan lengkap dan masih dalam keadaan hidup”, pungkasnya.(Arif Unjung)