PT PLN Indonesia Power dan Masjid Modern Kurir Langit Berhasil Realisasikan program TJSL Hutan Tanaman Energi

Berita, Sosial Budaya217 Dilihat
Spread the love

BARRU.ONLINE.KASUS.COM.PT PLN Indonesia Power Barru POMU kembali menunjukkan komitmen terhadap lingkungan sekitar pembangkit. Pada kesempatan kali ini, perusahaan meresmikan salah satu program Tanggung Jawab Sosial lingkungan (TJSL) berupa program Hutan Tanaman Energi dan Program Pembuatan Jalan Tani menggunakan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA).

Peresmian program dilakukan di Balai Desa Kamiri, Kec. Balusu, Kab. Barru pada pukul 09.00 WITA Selasa 24/01/ 2023.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Barru Bapak H. Andi Unru, ST, M.SP yang mewakili Bapak Bupati Kab. Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si dan stakeholder terkait seperti Pimpinan KPH Ajatampareng Ibu Hj. Armawati Alwy, SP, M.Si, Camat Kec. Balusu Bapak Ridwan Nurdin, Danramil Soppeng Riaja dan Balusu Letda Inf. Agus Bakri, dan Kapolsek Balusu Ipda Asdar Asri.

Sebagai informasi bahwa Program Hutan Tanaman Energi yang digagas di Desa Kamiri ini berada di lahan seluas 200 Ha dan memiliki potensi lahan hingga ribuan hektar.

Tanaman Energi yang ditanam berupa Pohon Lamtoro dan kaliandra. Kedepannya, diharapkan program ini mampu menjadi menghasilkan biomassa yang akan dijadikan bahan bakar dalam program Cofiring PLTU Barru. Melalui program TJSL ini, PLTU Barru memberikan sebuah mesin pencacah dan bibit pohon yang selanjutnya akan dikelolah secara swadaya oleh masyarakat Desa Kamiri.

Program pembuatan Jalan Tani menggunakan FABA dibangun di Dusun Palae, Desa Lampoko yang merupakan ring 1 PLTU Barru sepanjang 216 meter dan lebar 2 meter serta ketebalan mencapai 20 cm.

Program ini merupakan salah satu realisasi dari program pemanfaatan FABA yang telah cukup lama dilaksanakan oleh PLTU Barru. Program TJSL ini terlaksana berkat kerjasama banyak pihak seperti Pemerintah Daerah Kab.Barru,>  Pemerintah Desa Kamiri dan Balusu, Masjid Modern Kurir Langit, PT PLN Indonesia Power UPDK Tello dan Barru POMU. 

Dalam sambutan Bupati Barru yang dibacakan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Barru Bapak H. Andi Unru, ST, M.SP, Pemerintah Kab. Barru memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PLTU Barru atas terlaksananya TJSL Program Hutan Tanaman Energi (HTE) dan Jalan Tani menggunakan FABA yang tentukan akan sangat bermanfaat bagi warga Kab. Barru.

Pada kesempatan tersebut pula, beliau juga memberikan apresiasi atas segala program PLTU Barru yang telah terlaksana sebelumnya dan berharap sinergi Pemerintah Daerah dan Perusahaan akan semakin baik kedepannya.

Manager Unit PT PLN Indonesia Power Barru POMU dalam sambutannya mengatakan bahwa program Hutan Tanaman Energi ini merupakan salah satu usaha dari PLTU Barru untuk meningkatkan program Cofiring yang saat ini sedang dilaksanakan.

Kedepannya diharapkan suplai biomassa kayu lamtoro dari Hutan Tanaman Energi di Desa Kamiri ini mampu untuk memenuhi kebutuhan Cofiring PLTU Barru. Manager Unit PT PLN Indonesia Power UPDK Tello yang diwakili oleh Asisten Manager KKU Bapak Mustafa dalam sambutannya juga berharap semoga semua program ini mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya masyarakat Kab. Barru dan PLTU Barru.