PSM Makassar vs PSS Sleman, Bertanding Distadion Gelora BJ Habibie Tanpa Penonton

Spread the love

PAREPARE – Polres Parepare dan Panitia Pelaksana (Panpel) PSM Makassar, sudah siap menggelar pertandingan liga 1 2022/2023 besok. Pertandingan ini antara PSM Makassar vs PSS Sleman, bertempat di Stadion Gelora BJ Habibie Kota Parepare, namun tanpa penonton, jumat (13/1/2023).

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono menyatakan, kita melihat kejadian di Stadion Kanjuruhan menjadikan itu semua pengalaman yang sangat berharga, bagi penyelenggara event pertandingan sepak bola dengan skala nasional. Terkait hal tersebut, telah keluar juga insturuksi Presiden untuk mengaudit total stadion dan melakukan pembenahan sampai dengan standar yang berlaku di dalam regulasi fifa. Tujuannya mengutamakan keamanan dan keselamatan, sebelum di putuskan untuk kembali menyelenggarakan sebuah pertandingan sepak bola dengan skala nasional.

“Dengan adanya intruksi tersebut, telah juga di keluarkan dan berlaku porpol nomor 10 tahun 2022, ini akan di jadikan sebagai pedoman dalam kompetensi olahraga dan termaksud kelanjutan bri liga 1. Selanjutnya memang benar telah di lakukan audit di stadion gelora BJ Habibie, di mana masih di ajukan PSM Makassar sebagai homebasenya, yang di lakukan audit oleh kementerian PUPR dan tim audit profesional dari Baharkam Polri. Adapun dari hasil audit kementerian PUPR, rekomendasinya masih harus di lakukan rehabilitasi, sedangkan hasil audit dari Baharkam Polri, memang telah di nilai baik namun meninggalkan catatan catatan, “Paparnya.

Lanjut AKBP Andiko Wicaksono mengatakan, atas dasar tersebut, kami membuat perkiraan keamanan selanjutnya kami kirimkan kepada Kepolisian Daerah dan di teruskan ke Baintelkam Polri, untuk menganalisa dan mengevaluasi terkait situasi, serta kondisi di lapangan berdasarkan perkiraan keamanan yang telah kami buat. Selanjutnya akan di putuskan, apakah di berikan izin atau tidak untuk di laksanakan pertandingan berskala nasional di stadion Gelora BJ Habibie Kota Parepare. Jawabannya perhari ini, kita sudah dapatkan kabar bahwa pertandingan di Gelora BJ Habibie dapat di laksanakan, dengan syarat tanpa di hadiri penonton.

“Jadi besok tanggal 14 Januari 2023, pukul 15:00 Wita sudah kita lakukan persiapan pertandingan antara PSM Makassar vs PSS Sleman, tanpa di hadiri oleh penonton. Kamipun menghimbau kepada seluruh suporter PSM Makassar, untuk tidak memaksakan diri hadir di stadion karena pertandingan di laksanakan tanpa kehadiran penonton. Untuk pertandingan berikutnya, akan di lakukan evaluasi kembali dari Baintelkam Polri, untuk selanjutnya akan di berikan syarat kepada pihak klub. Apakah masih tetap di laksanakan di parepare atau di stadion alternatif, yang di tinjau dari aspek keamanan dan keselamatan, “Tutur AKBP Andiko Wicaksono.

Sementara Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul menjelaskan, kamipun sangat mengapresiasi pihak pengamanan yang telah memberikan izin pertandingan antara PSM Makassar vs PSS Sleman, meskipun tanpa penonton. Apa pun itu, kami tetap mengapresiasi izin yang telah di keluarkan oleh Baintelkam Polri, sehingga pertandingan besok dapat di gelar. (*)