Pj Bupati Takalar-PT. Envision teken LoI pengembangan PLTB di Takalar

Uncategorized166 Dilihat
Spread the love

TAKALAR – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Takalar tengah dijajaki oleh salah satu perusaan penyedia jasa PT. Envision Green Energy Indonesia.

Hal ini diketahui dari penandatanganan Pernyataan kehendak Letter of Intent (LoI) antara Pj Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad dengan General Manager PT. Envision Green Energy Indonesia Liu Ming di Ruang Rapat Setda Takalar, Kamis (13/4/2023) siang.

PT. Envision rencananya akan menguji coba kecepatan angin untuk kebutuhan pembangkit listrik tenaga bayu di Desa Pattopakang, Kecamatan Mangarabombang.

Untuk tahap awal, PT. Envision akan membangun menara pengukur angin (MetMast) dan melakukan pengambilan data kecepatan angin selama satu tahun penuh.

Pj Bupati Takalar menyambut baik rencana yang diyakini akan berdampak baik terhadap masyarakat di Takalar tersebut.

“Envision Energy ini merupakan salah satu penyedia jasa PLTB yang telah teruji. Pada intinya ada peluang di Takalar ini yang mereka lihat sebagai pelaku ekonomi skala global yang tidak hanya memberikan keuntungan bagi mereka tetapi juga baik masyarakat. Olehnya itu, kita membutuhkan dukungan dari masyarakat atas rencana pembangunan ini,” Kata Dr. Setiawan.

Untuk mendapatkan dukungan masyarakat inipun, Kata Dr. Setiawan Pemkab Takalar wajib melakukan sosialisasi kepada masyarakt untuk memberikan pemahaman dampak positif kehadiran PLTB ini di Butta Panrannuangku.

Untuk nilai investasi yang akan digelontorkan sebesar Rp 6 Triliyun letak turbin dan kapasitasnya- Darat (Onsore) kapasitas 400 MW yang akan menghasilkan 1.142.972 MWH pertahun.

Serta Rp 11 Triliyun untuk letak turbin dan kapasitasnya- Lepas Pantai (offshore) kapasitas 500 MW yang akan menghasilkan listrik 1.759.500 MWH pertahun.(Arif Unjung)