Pj Bupati Takalar Peringati Hari Gugurnya Pahlawan Nasional

Uncategorized121 Dilihat
Spread the love

TAKALAR – Hari ini, kita
melaksanakan upacara guna mengenang kembali sejarah dua putra terbaik indonesia, almarhum Ranggong Daeng Romo dan H. Padjonga Dg. Ngalle. Pungkas Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Ranggong Daeng Romo & Wafatnya Pahlawan H. Padjonga Dg. Ngalle di lapangan upacara Kantor Bupati Takalar, Selasa 28 Februari 2023.

Dalam membacakan sambutan tertulisnya, Pj. Bupati Takalar juga menyampaikan bahwa kedua tokoh ini telah dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh presiden setelah keduanya mencatatkan namanya dalam tinta emas sejarah perjuangan bangsadan telah termaktub sebaga pujuang, sebagai patriot, menegakkan dan membela kemerdekaan bangsa indonesia. Dua tokoh ini adalah nasonalis sejati yang tidak diragukan lagi kecintaannya kepada NKRI.

“Tanggung jawab kita sekarang adalah melestarikan semangat nasionalisme ini kepada diri kita, kepada generasi masa depan sebagai pelanjut eksistensi bangsa. Bukan hanya jiwa nasionalisme, tapi juga jiwa sosial, telah ditunjukkan oleh seorang Ranggong dg. Romo yang kita kenal sangat konsisten dalam memperjuankan perasaan senasib sepenanggungan dengan sesama untuk mengubah jalan hidup menjadi lebih baik” jelasnya.

Disampaikan pula, demikian juga dengan Padjonga Dg. Ngalle putra kelahiran Polongbangkeng tahun 1901 ini dikenal sebagai pejuang yang cerdas dan pemberani. Ini fakta sejarah yang tidak bisa di pungkiri bahwasahnya Takalar pernah maju melebihi daerah lainnya. Inilah yang harus mengilhami kita untuk merefleksikannya dalam bingkai takalar maju.

“Mari kita senantiasa mengibarkan semangat perjuangannya, melestarikan filosofi hidupnya yang selalu mementingkan masyarakat bangsa dan negara dibanding dirinya sendiri. Dan melalui momentum ini kita jadikan sebagai pelecut semangat untuk terus mendorong kita bekerja keras, bekerja tuntas dan bekerja cerdas mengisi pembangunan daerah sesuai peran dan bidang kita masing-masing”. Harap Pj. Bupati.

Turut hadir dalam upacara tersebut  para Anggota Forkopimda Takalar, Sekretaris Daerah Takalar, Kalapas Takalar, Kepala Kantor Kementerian Agama, Pimpinan OPD lingkup Kab. Takalar, Ketua LVRI Takalar bersama anggota, dan para Keluarga Pejuang.

Pada upacara tersebut ditampilkan variasi formasi dari SMAN 1 Takalar. Dan dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Polongbangkeng dan ke Makam Pahlawan Nasional H. Padjonga Dg. Ngalle.(Arif Unjung)