Perumda Tirta Alam Tarakan Serahkan Dividen ke Pemkot Rp 6.519.559.588.85.

Berita, Ekonomi278 Dilihat
Spread the love

TARAKAN.ONLINE.KASUS.COM – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Alam Tarakan menyerahkan dividen ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan  sebesar dividen Rp6.519.559.588,85, dimana pada tahun 2022 membukukan laba bersih sekira Rp11 miliar.

“Dividen 55 persen dari laba bersih Rp 11 miliar,” kata Direktur Perumda Tirta Alam Tarakan Iwan Setiawan di Tarakan, Selasa.

Sebelumnya dividen diserahkan secara simbolis oleh Iwan Setiawan kepada Wali Kota Khairul yang juga Kuasa Pemilik Modal (KPM)

Jumlah dividen yang diserahkan lebih rendah di tahun tahun 2021 yang mencapai Rp8,1 miliar. Hal ini  disebabkan tahun lalu, pihaknya melakukan investasi besar-besaran.

“Seperti membeli genset dan memasang jaringan listrik ke embung Indulung yang memakan anggaran hingga miliaran rupiah,” kata Iwan Setiawan.

Selain itu, juga memasang jaringan perpipaan di Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) yang dananya juga bersumber dari anggaran Perumda Tirta Alam Tarakan.

Hal ini dilakukan untuk menjalankan penugasan dari KPM dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau kita tidak investasikan ke sana, kita bisa setor dividen sebenarnya Rp11 miliar lebih.  Cuma karena ada penugasan dari pak wali untuk peningkatan pelayanan, kita jalankan berbagi sama Dinas Pekerjaan Umum,” katanya.

Dengan dilakukannya peningkatan pelayanan, Iwan Setiawan yakin  akan berdampak juga pada peningkatan pendapatan di tahun ini.

“Insya Allah bisa, nanti kita lihatlah. Kadang ada penugasan dari wali, karena anggaran tidak sebanyak dulu, kita sharing sama PU,” katanya.

Pendapatan Perumda Tirta Alam Tarakan dinilainya juga meningkat dari tahun 2021. Namun karena banyak melakukan investasi, sehingga laba bersih berkurang drastis.( Jalil)