Pemerintah Desa Barang, Bhabinkamtibmas, RT, RW, dan Mahasiswa Bersatu dalam Kerja Bakti Bersih-bersih Sampah Plastik

Spread the love

Soppeng, onlinekasus.com – Pada hari Jumat, tanggal 23 Februari 2024, Desa Barang menyaksikan kolaborasi yang luar biasa antara pemerintah desa, kepolisian (Bhabinkamtibmas), perangkat RT dan RW, serta mahasiswa dalam upaya membersihkan lingkungan dari sampah plastik dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Ipda Rudhi, sebagai perwakilan kepolisian setempat, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap ekosistem.

Dalam kerja bakti yang dilakukan, partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat terlihat jelas. Mulai dari aparat desa yang memberikan arahan, Bhabinkamtibmas yang turut serta dalam kegiatan langsung, hingga perwakilan mahasiswa yang ikut menyumbangkan tenaga dan ide-ide segar.

Saat diwawancara, Kepala Desa Barang, A.Anwar, menyatakan, “Kerja bakti bersama ini adalah contoh nyata kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pemuda untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tidak hanya membersihkan sampah plastik, kegiatan ini juga menjadi momen edukasi bagi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang baik. Melalui diskusi dan sosialisasi yang dilakukan oleh para mahasiswa, diharapkan kesadaran akan pentingnya pengurangan, daur ulang, dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan dapat terus meningkat.

Kegiatan ini tidak hanya sekadar pengabdian pada lingkungan, tetapi juga menjadi bentuk nyata kesadaran akan tanggung jawab bersama dalam menjaga kelestarian alam. Semoga momentum ini dapat terus ditingkatkan dan diikuti oleh upaya-upaya nyata lainnya untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi generasi mendatang.