Mari Mengenal Lebih Dekat Prof Nurliah Nurdin, Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta

Uncategorized486 Dilihat
Spread the love

JAKARTA,ONLINEKASUS.COM-Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof Dr Nurliah Nurdin adalah sosok perempuan yang menginspirasi, dalam memimpin kampus besar di Jakarta, perempuan kelahiran Parepare, 10 Juli 1972, memiliki inovasi dan gaya kepemimpinan yang menarik. Mengikuti aktivitas Prof Nurliah Nurdin di Kampus Politeknik STIA LAN di kawasan Pejompongan Raya, jakarta Pusat, jumat (27/1/2023).

Jarum jam masih menunjukkan pukul 07.00 Wita dan Prof Nurliah sudah tiba di kampus, sebelum masuk ke ruangannya di Lantai 2 Gedung STIA LAN, alumni Universitas Hasanuddin ini, turut menyempatkan keliling kampus yang luasnya 10 hektare.

“Tadi tidak sempat olahraga, jadi kita jalan keliling keliling kampus sambil lihat-lihat tanaman, “Kata Prof Nurliah yang sambil memperlihatkan aneka tanaman buah – buahan seperti jambu air, jambu biji, pisang dan masih banyak lagi.

Biasanya Prof Nurliah gowes dulu bersama rekan – rekannya, sebelum beraktivitas. Hari ini dia memilih berjalan kaki, karena sedang menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya di penuhi tanaman buah-buahan, kampus Politeknik STIA LAN juga rindang dan sejuk, dengan aneka bunga – bunga yang tertata rapi.

“Di sini ada lima prodi, jadi tiap prodi kami buatkan lomba keindahan taman. Kalau lingkungan kerja kita bersih, rapi dan indah, pasti karyawannya lebih produktif, “Jelas Prof Nurliah.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan bersih, hanya salah satu kiat kepemimpinan yang di ciptakan Prof Nurliah, di lingkungan kampus. Kepada seluruh staf, dosen dan karyawan dia meminta untuk mengurangi tanaman plastik, seperti bunga plastik di ganti dengan tanaman hidup yang tahan berada dalam ruangan. Di ruang kerja Prof Nurliah, kita juga bisa melihat aneka anggrek yang di tata rapi. Begitu juga di koridor ruang – ruang kerja para wakil Direktur.

Prof Nurliah mengaku, sudah menganggap seluruh staf dan karyawan bahkan tukang sapu, serta security sebagai bagian dari keluarga. Baginya, kantor harus bisa senyaman rumah.

Setiap kali berpapasan dengan petugas kebersihan yang sedang bekerja, Nurliah yang lulus Program Magister di Northern Illinois University Amerika Serikat ini, juga langsung menyapa lebih dulu. Dia bahkan menyusuri setiap ruangan dan memperhatikan kebersihan, serta mengecek satu per satu toilet di area kampus.

“Dulu kampus ini hanya untuk ASN dan sekarang kami terbuka untuk umum, dengan lima program studi. Yakni Sarjana Administrasi Pembangunan Negara, sarjana Administrasi Bisnis Sektor Publik, sarjana Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur, magister Administrasi Pembangunan Negara, dan Doktor Administrasi Pembangunan Negara, “Paparnya.

Prof Nurliah Nurdin menjadi Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta sejak 2019.

“Saya di perbantukan di sini dan tugas sebagai dosen di IPDN, tetap saya jalankan, Jelas guru besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini. Prof Nurliah yang terpilih kembali, untuk mengemban amanah sebagai Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, melalui mekanisme Pemilihan Senat dan Kepala LAN RI pada 2022 lalu, untuk masa bakti 2022-2026. Dengan begitu dia menjadi direktur perempuan pertama di STIA LAN.

Sejumlah terobosan di lakukan sejak memimpin STIA LAN Jakarta, termasuk menciptakan kampus ramah anak dan perempuan, dengan menghadirkan ruang bermain anak, ruang laktasi dan ada sudut baca di gital bantuan dari Perpustakaan Nasional. Sarana olahraga di kampus ini juga makin lengkap, selain lapangan tenis, lapangan basket, kini ada wall climbing bantuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Salah satu kegiatan bulanan yang selalu di tunggu – tunggu para dosen, staf dan karyawan adalah Potluck yang di gelar Jumat terakhir di setiap bulan. Tradisi Potluck biasa di temukan di luar negeri. Potluck adalah kegiatan atau acara di mana setiap orang atau sekelompok orang berkumpul bersama, menyediakan makanan dan minuman yang dapat di makan bersama.

Sedangkan Potluck adalah tradisi di lingkungan kerja, untuk menjalin keakraban dan kebersamaan agar suasana kerja makin harmonis dan kondusif.

“Selain Potluck yang di lakukan setiap bulan, kami juga ada program tahunan untuk para alumni. Namanya Welcome Home Alumni, biasanya di gelar saat momen Dies Natalis. Selain kegiatan inti ada juga gerak jalan santai, webinar, donor darah, bazar dll. Kami bahkan bikin Garage Sale, untuk warga sekitar, “Tambah Prof Nurliah yang memiliki suara merdu.

STIA LAN Jakarta juga menjadi kampus, dengan sejumlah penghargaan dan prestasi nasional.

“Insya Allah Politeknik STIA LAN Jakarta akan semakin unggul dan mampu berkontribusi, bagi kemajuan bangsa, “Tutur ibu dua putra, Sean dan Arung .

Saat ini Politeknik STIA LAN Jakarta juga memiliki visi, menjadi perguruan tinggi unggulan dalam Pendidikan vokasi dan Pendidikan profesi, di bidang administrasi negara bagi penyelenggara pemerintahan dan pembangunan. (*)