Komitmen Pemerintah dan Masyarakat dalam Percepatan Penanganan Stunting Kab.Soppeng

Kesehatan, Pemerintah150 Dilihat
Spread the love

SOPPENG – Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP memimpin acara Rembuk Stunting Tahun 2023 yang diadakan di Aula Kantor Gabungan Dinas Kabupaten Soppeng pada tanggal 31 Maret 2023. Acara ini bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis situasi dan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Soppeng.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengungkapkan bahwa penyebab stunting tidak hanya pada masa pasca kelahiran, tetapi sejak masa remaja, kehamilan, dan menyusui. Oleh karena itu, penanganan stunting memerlukan pendekatan intervensi multisektor yang melibatkan OPD penanggung jawab layanan, sektor/lembaga non-pemerintah, dan masyarakat.

Acara ini juga menyerahkan penghargaan kepada tiga desa terbaik dalam mengakselerasi penurunan stunting, yaitu Desa Lalabata Riaja, Desa Tottong, dan Desa Kessing. Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng juga mendapatkan penghargaan khusus atas partisipasinya dalam mendukung upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Soppeng.

Dalam rangka mendukung percepatan penanganan stunting, dilakukan penandatanganan pernyataan komitmen oleh Wakil Bupati Soppeng, Kepala SKPD terkait, PKK, Kecamatan, dan Desa/Lurah. Acara ini juga mengusung tema “Atasi Stunting berbasis kearifan lokal ‘Mappadeceng'”, yang mengedepankan pendekatan berbasis kearifan lokal untuk menyelesaikan masalah stunting di Kabupaten Soppeng.