Dukcapil Bergerak Cepat Gantikan Dokumen Kependudukan Kepada Korban Kebakaran

Berita, Pemerintah331 Dilihat
Spread the love

Soppeng, onlinekasus.com – Kamis, 18 Mei 2023, Insiden kebakaran yang menimpa warga mattampawalie Desa Jampu, Kecamatan Liliriaja menghanguskan tujuh rumah panggung, kebakaran yang terjadi pada malam Rabu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, 17 mei 2023.

yang menyebabkan 7 unit rumah terbakar merupakan kediaman Raupe bin Laincang, Tinro bin Masi,Arman bin Sadike,Jusman bin Jide,Lete bin Paroki,Tuha bin Padde dan Abu.

Pemerintah Kabupaten Soppeng Melalui Dinas Dukcapil Bergerak Cepat melakukan pendataan untuk gantikan dokumen kependudukan yang ludes terbakar kepada warga yang terdampak musibah kebakaran.
Kadis Dukcapil Soppeng dalam hal ini Andi Faizal Labunga Bergerak Cepat turunkan tim nya ke TKP lokasi kebakaran untuk melakukan pendataan serta koordinasi dan konsultasi pemerintah desa setempat dan keluarga korban Kebakaran di Mattampawalie Desa Jampu dengan semangat membahagiakan masyarakat itu filosofinya adalah memberikan dokumen kependudukan kepada semua penduduk yang berhak terkhusus bagi warga yang dilanda musibah.Juga untuk mendorong sadar kepemilikan administrasi kependudukan serta integritas data kependudukan dengan layanan publik sektor lainnya serta meningkatan kualitas layanan adminduk terkhusus di Kabupaten Soppeng dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

Kadis Dukcapil menambahkan semua jenis pengurusan di Dukcapil gratis demi membahagiakan masyarakat,
Dukcapil bukan pelayanan dasar, tetapi dokumen nya menjadi kebutuhan dasar bagi semua sektor pelayanan publik, karena setiap pelayanan harus didukung dengan data kependudukan yang akurat berbasis NIK tunggal yang diakui, layanan prioritas dan efisien akan diberikan pihaknya bagi warga yang tertimpa musibah, yang mengakibatkan hilang atau rusaknya dokumen atau data administrasi kependudukan. Tim
kami segera membantu pengurusan dokumen identitas warga korban kebakaran segera ke TKP untuk koordinasi dan konsultasi kepada pemerintah desa setempat dan keluarga korban, dalam pelayanan dokumen Kependudukan dan pencatatan sipil dapat terlaksana dengan baik cepat dan tepat. Serta Kebutuhan dasar masyarakat selain sandang dan pangan tentunya dokumen identitas Kependudukan kemungkinan besar ikut terbakar di insiden kemarin. Ini juga wajib dibantu pengurusannya oleh Tim Dukcapil,” semoga para korban diberi kesabaran ketabahan dan keikhlasan menghadapi cobaan yang menimpanya dan Insya Allah semoga secepatnya bangkit kembali tandasnya.

Tim Pendataan Dukcapil Asriadi,S.Sos menyampaikan
dari hasil pendataan kami terbitkan 7 buah KK dan 16 Keping KTP elektronik,4 Keping Kartu KIA anak serta ada 1 belum rekam KTP elektronik nanti juga kami fasilitasi untuk mendapatkan KTP elektronik dan juga terkait dokumen Akta Kelahiran kami juga koordinasikan nanti pihak pemerintah desa setempat dan pihak korban untuk proses selanjutnya demi membahagiakan masyarakat karna dokumen ini wajib semua dimiliki semua warga negara demi kelancaran pengurusan publik disektor lainnya ucapnya”.

Pemerintah Desa Jampu Nurhafsah,S.Sos.,MM. bersama keluarga korban kebakaran mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah kabupaten soppeng melalui dinas Dukcapil karna dokumen kependudukan sangat berharga untuk melanjutkan pengurusan publik disektor lainnya . dan juga seluruh pihak elemen yang terkait terkhusus TNI,Polri yang sudah membantu warga yang tertimpa musibah baik tenaga maupun pikiran atas perhatian dan bantuannya sekali lagi kami ucapkan terima kasih.ucapnya.

red Tim.