Dokter di RS Andi Makkasau, Berikan Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Kepada Pasien

Berita, Kesehatan180 Dilihat
Spread the love

PAREPARE – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, bersama dokter – dokter internsip mengedukasi pasien yang berada di ruang tunggu poliklinik, terkait kesehatan gigi dan mulut, kamis (18/1/2023).

Melalui akun media sosial resminya, dokter gigi yang memberikan edukasi yaitu drg. Muhammad Zul Fahrul Amin, drg. Wahyuni Wahidin, drg. Ravenske E. C. M, drg. Ulil Amri, dan drg. Annisa Ayah Esa Salwa.

Edukasi yang di lakukan untuk memberikan pengetahuan kepada pasien dan keluarganya pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Di ketahui bahwa kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting, karena gigi dan gusi yang rusak dan tidak di rawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

Bila tidak di bersihkan dengan baik, maka sisa makanan yang tertinggal di gigi akan membentuk koloni bersama bakteri yang di sebut plak. Plak pada gigi dapat menyebabkan gigi berlubang juga bisa menyebabkan peradangan pada gusi yang di sebut gingivitis dan bila di biarkan, akan bertambah parah menyebabkan penyakit periodontal yang akibat terburuknya bisa menyebabkan kehilangan gigi.

Mencegah gigi berlubang ada 4 cara antara lain, mengurangi mengkonsumsi makanan manis dan asam, menyikat gigi 2 kali sehari, menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride dan melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. (*)