Bunda PAUD dan Kadisdikbud Pinrang Hadiri Penamatan TK se Kec.Mattiro Bulu

Spread the love

PINRANG, ONLINEKASUS.COM – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Pinrang Hj. A. Sri Widiyati Irwan berkesempatan menghadiri Penamatan dan Perpisahan tingkat TK se Kecamatan Mattiro Bulu, berpusat di lapangan sepak bola Bottae, Desa Makkawaru. Rabu, 14/6/2023.

Kegiatan tersebut dirangkaikan Sosialisasi Gerakan Transisi PAUD – SD yang menyenangkan dengan tema ” Gapailah Ilmumu Sejak Dini Agar Sukses di Masa Depan”.

Dari Laporan Panitia Pelaksana, kegiatan ini terlaksana atas dukungan dan Support dari pemerintah, Dinas Pendidikan serta para kepala TK bersama gurunya, para orang/wali murid, dan semua pihak serta panitia, sehingga kegiatan terlaksana dengan sukses.

Kegiatan ini melibatkan 40 guru dan 240 murid dari 11 Lembaga pendidikan  tingkat TK dari 15 PAUD/TK se Kecamatan Mattiro Bulu.

Andi Majtjta Moenta, S.Sos, Kadis Dikbud Pinrang dalam sambutannya sangat mengapresiasi para tamu undangan, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana begitu meriah.

” Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan adalah gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD/MI/sederajat dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru.

Transisi PAUD Ke pendidikan dasar perlu berjalan dengan mulus
Proses belajar-mengajar di PAUD dan pendidikan dasar kelas awal harus selaras dan berkesinambungan.

Kemampuan literasi dan numerasi dibangun bertahap. Kemampuan dasar literasi dan numerasi dibangun mulai dari PAUD, namun secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan”.
Jelasnya

Dikatakannya, di setiap sekolah ke depan Insya Allah, dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan, turun di setiap sekolah di seluruh wilayah kecamatan,

” Akan disampaikan Kecamatan mana yang kami akan kunjungi dan kami juga selalu mengingatkan kepada seluruh satuan pendidikan, supaya tidak ada lagi melakukan kekerasan-kerasan anak yang ada di wilayah kabupaten Pinrang. Tutup Andi Majtjta Ingatkan

Sementara dikesempatan yang sama Hj.A.Sri Widayati Irwan selaku Bunda PAUD Pinrang, juga mengapresiasi para tamu undangan dan Panitia, kegiatan berlangsung cukup ramai dan sukses.

Hj.A.Sri melanjutkan, dalam membangun kemampuan pada anak perlu dilakukan secara bertahap dan dalam cara yang menyenangkan agar manfaat baik dari pembelajaran tercapai.

“Fondasi dibangun secara holistik
Setiap anak memiliki hak untuk dibina agar mendapatkan kemampuan fondasi yang holistik, bukan hanya kognitif melainkan juga kematangan emosi, kemandirian, kemampuan berinteraksi, dan lainnya.

Siap sekolah adalah proses, bukan hasil, melainkan sebuah proses yang perlu dihargai oleh satuan pendidikan dan orang tua yang bijak”. Tambahnya

Untuk memasuki SD, setelah itu anak-anak kita akan menuju sekolah yang baru yaitu sekolah dasar, mereka akan mencari suasana seperti di TK yang jelas di SD nanti mereka tidak dapat, misalnya mana mainan saya mana yang kemarin di taman kanak-kanak kita bermain di SD sudah tidak ada.

Para oran tua, buatlah suasana hati nyaman dan senang pada anak-anak kita, dalam memasuki masa sekolah SD dengan penuh semangat mereka akan beradaptasi dengan suasana baru dengan guru-guru baru dan teman-teman baru, walau ada kendala, tapi semua itu butuh waktu. Pesannya

Pak Kadis tadi sudah menjelaskan, Lanjut Dia, hari ini saya lebih ke orang tua murid untuk membahagiakan anak-anak memasuki usia SD, karena di tangan merekalah nanti bangsa kita akan lebih maju dari sekarang terutama di kabupaten Pinrang. Imbuh Ibu Bupati Pinrang

Hadir mendampingi Kadis Dikbud Pinrang, Andi Nurhatina matjtja SH, Wahida Gusnawati, SE, M.Si, Kabid PAUD/Dikmas Dikbud Pinrang, Muhammad Safah, S.Pd, M.Si, Korwil UPT Dikbud Kecamatan Mattiro Bulu, para Forkopimca kecamatan Mattiro Bulu, KUA, Kapus Barugae, Bunda Kecamatan, Bunda Desa, Tripilar Desa Makkawaru, Para guru, orang tua/murid dan tamu undangan lainnya serta masyarakat Dusun Bottae turut menyaksikan jalannya kegiatan
(@risTa)