Buah Sukun di Soppeng Panen, Harga di Pasar Meningkat

Berita, Ekonomi1332 Dilihat
Spread the love

SOPPENG, ONLINEKSASUS.COM – Musim panen buah sukun di sebagian warga Desa Jampu, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng telah tiba. Para petani dengan gemilang mulai memanen buah sukun yang sudah matang. Namun, warga di daerah ini merasa terkejut dengan kenaikan harga buah sukun di pasar. Saat ini, harga buah sukun di pasar mencapai satu buah sukun Rp. 35.000 sementara biasanya harga sukun hanya sekitar Rp. 15.000.

Salah seorang pembeli buah sukun di pasar, Bapak Ali, mengungkapkan terhadap kenaikan harga tersebut. “Saya biasanya membeli buah sukun dengan harga sekitar Rp. 15.000 di pasar. Tapi, harga sukun sudah mencapai Rp. 35.000. Menurut saya, ini terlalu mahal,” kata Bapak Ali. Sabtu, 17 Juni 2023.

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kenaikan harga buah sukun di pasar. Namun, Bapak Ali juga mencatat bahwa tahun kemarin harga buah sukun dengan harga Rp. 15.000 sampai Rp.10.000 Namun, saat ia melihat buah sukun yang dijual, ukurannya lebih kecil dari biasanya. Hal ini membuatnya berpikir bahwa buah sukun yang lebih besar dan berkualitas baik sulit ditemukan dengan harga yang terjangkau.

Kenaikan harga buah sukun ini menjadi perhatian warga setempat, terutama petani dan pembeli setia buah sukun. Buah sukun, dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal, telah menjadi salah satu makanan favorit di daerah ini.

Selain dikonsumsi langsung, buah sukun juga sering diolah menjadi makanan khas, seperti dodol sukun dan kolak sukun. Ketersediaan buah sukun yang cukup melimpah di daerah ini seharusnya membuat harganya tetap stabil dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.