Bersama-sama Memerangi Sampah: Kepedulian Hari Peduli Sampah Nasional di Desa Parenring, Soppeng

Pemerintah64 Dilihat
Spread the love

Soppeng, onlinekasus.com – Kepedulian terhadap lingkungan hidup terus menjadi fokus utama bagi masyarakat Desa Parenring, Kabupaten Soppeng. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, berbagai pihak termasuk pemerintah desa, Bhabinkamtibmas (Bhabinsa Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), serta tokoh masyarakat kecamatan Lilirilau, turut berperan aktif dalam menjalankan aksi nyata dengan melakukan bersih-bersih sampah.

Kepala Desa Parenring, Hasse Tangsi yang juga turut serta dalam kegiatan tersebut, mengungkapkan bahwa kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. “Kita harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Aksi bersih-bersih ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan,” ujar kepala desa. Jumat, 23 Februari 2024.

Aksi bersih-bersih sampah ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari perangkat desa, aparat keamanan, hingga tokoh masyarakat. Mereka bergotong-royong membersihkan berbagai lokasi yang terpilih sebagai titik-titik rawan sampah di sekitar wilayah Desa Parenring.

Menurut Bhabinkamtibmas setempat, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk membersihkan lingkungan, tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan. “Dengan melakukan aksi bersih-bersih ini, kita juga berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Tokoh masyarakat kecamatan Lilirilau juga memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Parenring. “Ini merupakan langkah nyata dalam memerangi permasalahan sampah yang semakin mengkhawatirkan. Semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan,” kata salah satu tokoh masyarakat.

Aksi bersih-bersih sampah ini diharapkan dapat menjadi awal dari gerakan yang lebih besar dalam menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya di Desa Parenring, tetapi juga di seluruh wilayah Kabupaten Soppeng. Dengan kesadaran dan partisipasi aktif dari semua pihak, diharapkan masalah sampah dapat diminimalisir dan lingkungan yang bersih dan sehat dapat terwujud.