Babinsa Desa Bojo Koramil 1405-05/Mallusetasi Jadi Narasumber Program Desa Sosialisasi Kamtibmas.

Berita, Pendidikan233 Dilihat
Spread the love

BARRU.ONLINE.KASUS.COM. Serka Irwan, S.H Babinsa Desa Bojo Koramil 1405-05 Kodim Parepare menghadiri Program Desa Sosialisasi Kamtibmas dan juga selaku Narasumber tentang ” Ketahanan Wilayah melalui Pembinaan Teritorial Babinsa “.

Poin nya adalah, Ketahanan wilayah disiapkan secara dini melalui kemanunggalan TNI-RAKYAT dengan Binternya yang bercirikan kerakyatan,keterpaduan, kesemestaan dan kewilayahan sesuai dalam sistem pertahanan semesta.
Binter bukanlah romantisme sejarah atau rekayasa ingin menambah peran dan tugasnya namun sebagai amanat konstitusi yg tertera dlm UUD 1945 Psl 30 ayat 1&2,UU No.2 ttg Hanneg, UU 34 Psl 7 ayat 2 huruf b.

Binter bukan mengambil alih tugas Pemda namun mensinkronkan, memadukan dan menyelaraskan pembangunan yg dilaksanakan oleh Pemda dlm rangka
mensejahterakan masyarakat, yang didalamnya sebagai kekuatan pertahanan wilayah.

Babinsa adalah orang pertama dari unsur TNI yg selalu ada bersama-sama masyarakat, mengetahui permasalahan dan kondisi sosial wilayah tanggung jawabnya dan
Babinsa tidak sendiri namun tentunya berkolaborasi dengan aparat terkait didalamnya ada Tomas, toga, toda serta komponen bangsa lainnya mendukung mendayagunakan unsur Geo,Demo, Kondisi Sosial meliputi Sdm,Sda untuk menjadi Ruang Alat Kondisi(RAK) juang yang tangguh.

Mengutip adigium yunani ” Si VIS PACEM PARA BELLUM” (siapa mendambakan perdamain, bersiaplah untuk perang). memaknainya secara sederhana yaitu, keadaan damai aman,nyaman bukanlah kondisi yg abadi, namun mengisyaratkan agar kita siap dalam setiap perubahan kondisi atau keadaan.
Adapun turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Mallusetasi Iptu Sultan, Bacot, Kepala Desa Bojo Ir.H.Tuppu Bulu Alam.MM Bhabinkamtibmas Aipda Andi Adam, Ketua BPD(diwakili)wakil ketua Fadillah, SH,S.Pd dan Para Kadus & Ketua RT,Tomas, Toga, Toda ,Undangan .