Babinsa 1405-05/Mallusetasi, Memberikan Materi Bela Negara Kepada Mahasiswa(i) STIA

Berita, Pendidikan261 Dilihat
Spread the love

PARE PARE.ONLINE.KASUS.COM. KODIM 1405/PAREPARE–Babinsa Desa Bojo Serka Irwan S.H memberikan materi Bela Negara kepada Mahasiswa(i) STIA dengan Tema “Menanamkan Kesadaran Bela Negara”, bertempat Al-Gazali Barru Kampus II di Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, minggu(21/05/2023.

Saat Serka Irwan, S.H dikomfermasi untuk memberikan materi kepada Mahasiswa(i) STIA mengatakan salah satu tupoksi Babinsa ialah memberikan sosialisasi bela negara dan wasbang kepada masyarakat termasuk didalamnya lembaga pendidikan yang ada diwilayah binaan.

Selain itu Serka Irwan S.H Babinsa (1405-05/Mallusetasi)” memberikan poin yang disampaikan bahwa Bela negara tidak selalu dikonotasikan adalah perang atau mengangkat senjata, akan tetapi ada pada sikap prilaku atau tindakan warga negara baik personal maupun secara kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara, bukan hanya tugas satu golongan saja dalam hal ini TNI, namun suatu kewajiban setiap warga negara dan itu amanat konstitusi pada Pasal 27 ayat 3 UUD 1945.

mengiplementasikannya melalui sikap prilaku dalam kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan kampus seperti contoh memaknai dengan baik Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai landasan bagi seorang Mahasiswa(i) dalam mengikuti pendidikan, yang tujuannya mencetak Mahasiswa berkemampuan berfikir kreatif, inovatif dan mandiri, dan pada lingkungan masyarakat ikut serta dalam kegiatan sosial seperti bergotong royong, melestarikan budaya serta kegiatan sosial lainnya.

Lebih lanjut Alumni fak.Hukum Unuversitas Sawerigading ini mengatakan, Spektrum bela negara sangat luas pemaknaannya, pada era globalisasi moderenisasi sangat komplik dihadapi setiap negara saat ini termasuk Indonesia, olehnya itu sebagai Mahasiswa tanamkan sikap bela negara seperti contoh ikut serta dalam  pencegahan penyalahunaan Narkoba, aktif bersosialisasi ditengah masyarakat menetralisir berita² hoax, menjaga dan melestarikan lingkungan serta melibatkan diri dalam kegiatan tanggap bencana.

Lanjut Letkol Inf Hastiar Hatta (Dandim 1405/Parepare). Mengataka “Penting membekali generasi penerus dengan wawasan kebangsaan, dengan harapan akan mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air dengan berpegang pada Pancasila sebagai falsafah, idiologi dan dasar negara Indonesia”.

Dan Mahasiswa adalah agen of change juga social kontrol, yang selalu kritis menyuarakan aspirasi rakyat, memiliki pandangan dan pemikiran bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari besok lebih baik dari hari ini, ujur Dandim (Dal/pen).