Masyarakat Galesong Utara Menyaksikan Festival Rannu- Rannu RI Biring Kassi

Spread the love

TAKALAR.ONLINE.KASUS.COM – Festival adalah bentuk pesta rakyat yang dilakukan dalam rangka mengenang kejadian-kejadian yang memiliki nilai sejarah maupun norma sejarah sehingga setiap masyarakat dalam bentuk kelompok sosial tertentu menjalankan rutinitas ini secara konsisten.

Seperti Festival Rannu-Rannu ri Biring Kassi yang digelar dari tanggal 9-10 Desember 2024 selama dua hari (Sabtu-Minggu) yang berlangsung dilapangan Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara kabupaten Takalar kegiatan ini diselenggarakan Dinas kebudayaan dan Parawisara Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama Dinas Parawisita dan kebudayaan kabupaten Takalar atas prakarsa anggota DPRD Provinsi dengan tujuan hiburan dan edukasi.

Dr.H.Hengky Yasin anggota DPRD Provinsi SulSel dua Priode dari partai PKB yang memperkarsai acara ini terselenggarakan dalam penuturannya
bahwa Kegiatan festival Rannu-Rannu RI Biring Kassi dimana masyarakat Takalar sangat antusias dan gembira khususnya masyarakat Tamalate adanya edukasi budaya seperti ini.

“Kegiatan ini diselenggara untuk menumbuhkan kepada masyarakat akan kecintaan dengan budaya yang kita miliki supaya terus terjaga sekaligus mengedukasi dan semoga acara ini terus berkesinambungan ke tahun-tahun berikutnya bisa dilaksanakan dan lebih meriah lagi ” ujar H.Hengky Yasin

Lanjut H.Hengky Yasin,suatu kesyukuran karena bisa memperkarsai acara festival ini yang diselenggarakan
Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi SulSel selama dua hari ini dan semoga cuaca bisa bersahabat sehingga pelaksanaan festival ini berjalan lancar.

Kegiatan Festival ini selain menampilkan Opera laksamana Karaeng Galesong serta pameran benda pusaka dan penampilan tari-tarian juga UMKM acara ini di isi juga berbagai lomba seperti lomba bernyanyi lagu Daerah,Lomba memasak,lomba mewarnai gambar kategori anak-anak dan lomba menghiasi Kue Donat Kampar.

Festival Rannu- Rannu RI Biring Kassi dimeriahkan artis ibu kota seperti Maharani,Hasbi D’Academy dan Farel dengan emsi Bahar bersama Daeng Nojeng,”Khususnya
(Arif)